Dengan begitu, maka konten media akan terhindar dari berita hoaks. Sebelum bekerja, penulis mendapatkan pelatihan, hingga pendampingan praktik kerja oleh editor masing-masing pemred.

Namun, hal itu tidaklah mudah. Ada banyak kesulitan dan tantangan dalam menghadapi bisnis media digital. Karena pengelolaan media mengusung konsep ekonomi kolaboratif.

Tantangannya adalah menemukan mitra yang mindset-nya pebisnis. Banyak yang sudah gabung, tapi mindset-nya seperti pegawai.

Di sisi lain, kesulitan yang harus diterima saat mengubah orang awam menjadi developer dan content creator yang paham membuat naskah berita.

Banyak penulis atau content creator yang kurang sabar, maunya instan.

Terlepas dari bagaimana berita beredar dan berkembang di pasar, tentu sulit mencari jurnalis yang paham betul akan rambu-rambu etika jurnalis.

Persaingan ketat membuat setiap informasi yang sedang viral dan trending, selalu dikaitkan dengan informasi lain yang jatuhnya menjadi sebuah berita hoaks.